Budaya Teh

  • March 20, 2021

Budaya Teh Taiwan

Taiwan benar-benar tenggelam dalam teh. Itu ditanam di setiap daerah dan dijual di setiap sudut jalan. Sarapan disajikan selama pertemuan bisnis, perjamuan pernikahan, dan layanan pemakaman.

Teh adalah bagian dari tatanan sosial Taiwan. “Datang dan minum teh” adalah sapaan biasa untuk para tamu.

Meja teh adalah fitur standar rumah dan bisnis Taiwan. Layanan teh adalah cara untuk membuat tamu dan pelanggan merasa nyaman.

Teh Alpine Teh Taiwan setengah matang Teh oolong tradisional Teh organik |  resmi hou Yan Tang

Kebanyakan orang Taiwan minum teh setiap hari. Dikatakan bahwa teh memberi energi dan vitalitas serta perasaan nyaman. Seorang petani teh dari wilayah Alishan menceritakan tentang seekor monyet peliharaan yang melarikan diri tetapi kembali tiga hari kemudian karena dia melewatkan teh yang telah disiapkan pemiliknya.

Budaya teh

Meskipun ada bukti teh liar lokal, awal mula teh yang ditanam di Taiwan dapat ditelusuri kembali lebih dari 200 tahun, ketika semak-semak teh dari provinsi Fujian di China dibawa ke Taiwan.

Budaya teh juga diimpor dari China. Kebanyakan orang Taiwan masih menggunakan metode tradisional gong fu untuk membuat teh. Ideal untuk oolong, bentuk teh Taiwan yang paling populer.

Teh komunitas

Teh telah menjadi komoditas ekspor penting di masa lalu. Jenis teh yang pertama diproduksi secara komersial adalah teh hitam, disusul teh hijau, kemudian teh baohong dan teh oolong. Semua jenis teh adalah ekspor populer.

Seiring pertumbuhan ekonomi Taiwan, kenaikan biaya tenaga kerja mengurangi daya saingnya dalam ekspor teh. Tetapi bahkan dengan penurunan ekspor, pasar teh dalam negeri tumbuh. Dalam 30 tahun terakhir terjadi peningkatan permintaan teh rumahan, dan ekspor teh saat ini hanya mencapai 20% dari total produksi.

Biaya tenaga kerja yang tinggi di Taiwan berkontribusi pada kekurangan dan biaya teh pegunungan tinggi. Meskipun harganya mahal, para ahli teh di seluruh dunia menilai Taiwan oolong sebagai salah satu teh terbaik di dunia.

Produksi teh global lebih dari 2,5 juta ton. Sebagian besar (90%) adalah teh hitam yang sepenuhnya teroksidasi, 8% teh hijau tidak teroksidasi, dan 2% teh hitam semi-teroksidasi. Oksidasi mengacu pada proses kimia alami yang terjadi ketika bahan tanaman terpapar udara dan menyebabkannya menjadi gelap.

Total produksi teh oolong global sekitar 50.000 ton per tahun. Daerah pertumbuhan utama adalah provinsi Fujian dan Guangdong di Taiwan dan Cina daratan, tetapi dalam beberapa tahun terakhir teh oolong juga telah diproduksi di Vietnam dan Thailand. Taiwan memiliki produksi tahunan lebih dari 20.000 ton, yang sebagian besar dikonsumsi di dalam negeri.

Kualitas teh Taiwan yang tinggi bergantung pada banyak faktor. Mungkin yang paling penting adalah iklim unik Taiwan. Taiwan adalah negara subtropis yang berasal dari masa kanker tropis, dan daerah pegunungannya menyediakan kondisi ideal untuk menanam teh. Pegunungan tinggi memiliki cuaca dingin dan basah yang menyebabkan teh tumbuh lambat, yang dikombinasikan dengan tanah yang subur, menghasilkan daun teh yang termasuk yang terbaik di dunia.

Taiwan juga memiliki tradisi kuat dalam pengolahan teh yang berasal dari Provinsi Fujian di China, namun disesuaikan dengan kondisi lokalnya. Produksi teh melibatkan pertumbuhan yang tepat, pemilihan yang cermat, penggulungan lembut, dan pemasakan lambat. Produksi teh oolong adalah proses panjang yang harus diikuti dengan cermat di setiap langkahnya.

Teh Taiwan dengan bangga menawarkan teh oolong berkualitas dari berbagai daerah produksi teh Taiwan.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*